Jumat, 19 Maret 2010

Bluetooth 3.0 Lebih Cepat, Daripada Pakai Wi-Fi atau USB


Grup khusus pecinta Bluetooth, Selasa (21/4) kemarin telah secara resmi merilis Bluetooth 3.0 yang diklaim akan menjadi standard koneksi terbaru. Improvisasi terbesar untuk Bluetooth 3.0 ini adalah kecepatan, yang dapat mentransfer data, setelah sebelumnya hanya 3Mbps, versi 3.0 ini dapat menstransfer hingga 24Mbps. Menurut Bluetooth SIG, Bluetooth 3.0 dinilai lebih cepat karena membawa protocol radio 802.11, yang pada dasarnya memudahkan protocol Bluetooth untuk menerima sinyal Wi-Fi ketika mentransfer data dalam jumlah besar, seperti video, musik dan foto.

Dalam sebuah email, CEO Bluetooth SIG, Michael Foley juga mengklaim bahwa rate transfer data perangkat ini mencapai 22 hingga 26Mbps. Ini adalah salah satu keuntungan Bluetooth 3.0 untuk device yang menggunakan koneksi tersendiri, karena hal ini berarti user dapat mentransfer data antar dua device dengan kecepatan tinggi tanpa harus menggunakan kabel USB atau log-on ke jaringan Wi-Fi.
Fitur Bluetooth 3.0 ini termasuk Unicast Connectionless Data yang memberikan improvisasi responsive dan menghemat energi baterai lebih baik, juga Enhanced Power Control yang dapat mengurangi insiden putusnya sambungan yang disebabkan oleh pergerakan, seperti meletakkan ponsel di saku atau kantong. Dari acara All-Hands Meeting di Tokyo, Bluetooth SIG mengatakan bahwa manufaktur seperti Atheros, Broadcom dan CSR telah siap membawa komputer dengan device Bluetooth 3.0 ke device manufaktur, TV, dan gadget yang akan dijual dalam waktu 9 hingga 12 bulan mendatang. Seperti contohnya, LG Electronics yang akan segera mengumunkan LCD 7000 dan televisi Plasma yang akan menggunakan headphone wireless via Bluetooth 3.0 ini.
Walaupun belum ada kepastian akan adanya adopsi Bluetooth dengan UWB (UltraWideBand) untuk user dan manufaktur, namun WiMedia Alliance telah memberikan spesifikasi untuk UWB radio ke Bluetooth SIG dan Wireless USB Promoter Group.(h_n)



2 komentar:

alit dwitama mengatakan...

mantab..lebih hebat dari infra red ia broo..???

gandoel mengatakan...

wew,,,,,
baru tau klo ada bluetooth 3.0..
naiz info bro....

Posting Komentar