Senin, 22 Maret 2010

" INTERNET MOBILE "



Saat ini IM memang sedang menjadi trend komunikasi tanpa dibatasi oleh segmen usia dan pekerjaan, semua menggunakan IM sebagai sarana pendukung komunikasi mereka. IM memang menjadi alat komunikasi baru yang tidak bisa dipisahkan dengan berkembangnya teknologi informasi dewasa ini.
IM adalah singkatan dari Instant Messaging. Awal munculnya di dunia ketika masyarakat dunia mulai sering menggunakan teknologi secara online pada awal tahun 1990. Saat itu internet baru masuk dalam kehidupan masyarakat, walaupun hanya untuk golongan tertentu, dan mulai memberikan “warna” baru dalam dunia komunikasi. Saat ini IM memang sedang menjadi trend komunikasi tanpa dibatasi oleh segmen usia dan pekerjaan, semua menggunakan IM sebagai sarana pendukung komunikasi mereka. IM memang menjadi alat komunikasi baru yang tidak bisa dipisahkan dengan berkembangnya teknologi informasi dewasa in
i.
Kemudian para ahli aplikasi mulai m
enciptakan sebuah aplikasi chat r
oom. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat dapat melakukan chat bersama-sama dengan kelompoknya maupun secara perorangan. Dalam chat room ini, pengguna dapat mengirimkan serta melihat pesan yang dikirimkan di dalam satu tempat yang biasa disebut “room”.

  • Instant Messaging ini mulai menjadi trend tahun 1996, yaitu ketika perusahaan bernama Mirabilis memperkenalkan ICQ yang merupakan sebuah Instant Messaging yang dapat dipergunakan secara gratis bagi setiap orang.
  • pada tahun 1997, American Online (AOL) berusaha menjadi pioner dalam komunitas online. AOL mengembangkan aplikasi yang mampu digunakan untuk komunikasi dalam waktu yang sama dalam sebuah chat room dan instant messaging.AOL tetap tidak bisa memungkiri bahwa Mirabilislah yangmendirikan tonggak awal munculnya IM dan karena model ICQ yang dikembangkan oleh Mirabilis inilah yang kemudian menjadi basis yang penting dalam penggunaan Instant Messaging yang berkembang saat ini.
  • AIM yang dipadukan dengan aplikasi Netscape saat itu (mulai versi 3 kalau tidak salah). Bedanya adalah AIM menggunakan nickname atau namauser sebagai identitas utama atau account.
  • Search engine Yahoo semakin berkembang dan turut pula membuat messenger dengan konsep single account, anda punya account email Yahoo maka anda bisa langsung menggunakannya sebagai account Yahoo Messenger, selain juga sebagai account untuk administrasi YahooGroups. Kemudian AIM dan ICQ bergabung dalam satu manajemen, mungkin berusaha berkompetisi dengan YM yang semakin banyak dipakai karena kemudahannya. Dan berkembang hingga saat ini.
Saat ini, pengembangan IM berlangsung cukup cepat dan signifikan. Para pemakai IM yang awalnya hanya dapat diakses oleh para penggunanya melalui komputer, sekarang ini telah dapat diakses melalui telepon seluler. Pemakainyapun dari segala usia dan kalangan, Dengan kemampuan yang dimiliki telepon seluler untuk mengakses internet, maka para pengguna IM dapat mengakses menggunakan internet kapan saja dan dimana saja.


Pengaruh IM dalam kehidupan masyarakat modern

Saat ini, kehidupan masyarakat modern yang mobile membutuhkan alat komunikasi yang bisa mengimbangi kegiatan mereka yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi. IM adalah salah satu alternatif komunikasi yang banyak dipilih, pengguna IM walaupun mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa, tetapi tidak sedikit pula anak-anak dan orang tua juga ikut menggunakan jalur komunikasi ini dalam kehidupan sosial mereka. Untuk mengimbangi kebutuhan yang terus meningkat, para pengembang aplikasi terus berusaha mengembangkan fitur yang ada di dalam aplikasi IM mereka. Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa dipakai dalam IM dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat modern.
Integrasi IM dengan e-mail. Sudah bukan rahasia lagi kalau industri pengiriman surat melalui pos terancam oleh adanya electronic mail (e-mail). Masyarakat mulai menggunakan e-mail untuk mengirim pesan daripada menggunakan pos yang memerlukan waktu dan biaya, Dengan semakin murahnya mengirim pesan secara elektronik, berimbas pada jumlah pengguna e-mail yang terus meningkat dan pengembang aplikasi IM menyadari bahwa selain melakukan chat, para pengguna juga memerlukan aplikasi reminder untuk membantu mereka mengingatkan apabila ada pesan yang masuk ketika mereka sedang chat dengan keluarga, teman, atau rekan bisnisnya. Penyedia layanan IM seperti AOL, Yahoo!, Google sudah mengintegrasikan IM dengan e-mail engine mereka, sehingga para pengguna IM dapat mengetahui adanya pesan yang masuk walaupun mereka sedang asik-asiknya melakukan chatting dengan lawan chatting mereka.
Menggunakan Voice over Internet Protocol (VoIP) yang terintegrasi dengan IM. Beberapa IM seperti Yahoo! Dan Google menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna IM untuk dapat berkomunikasi langsung dengan suara mereka. Walaupun sering terjadi delay, fitur ini memberikan jalur baru dalam berkomunikasi di internet.
Teleconference. Lebih dari satu pengguna dan kelompok dapat sekaligus berkomunikasi dengan menggunakan fitur-fitur seperti voice, camera, dan chat room yang disediakan oleh IM. Teleconference ini merupakan penggabungan dari beberapa fitur yang disediakan oleh penyedia IM. Dengan fitur ini para pengusaha daerah maupun lintas negara dapat tetap melakukan rapat walaupun terpisah jarak yang cukup jauh.
Personalisasi Halaman. Setiap manusia adalah unik, maka pengguna IM pun ingin halaman mereka dibuat khusus sesuai dengan karakter mereka masing-masing. Saat ini penyedia IM mulai memikirkan personalisasi halaman untuk para pengguna jasa IM mereka. Contohnya Yahoo! Yang telah mengembangkan fitur personalisasi halaman untuk pelanggan IM setia mereka.

 
Dukungan penyedia layanan telekomunikasi seluler terhadap perkembangan pengguna IM di Indonesia

Saat ini beberapa perusahaan selluler telah melengkapi product – product mereka dengan apikasi internet. Diikuti dengan semakin banyaknya aplikasi IM seperti :

 






mig33 klik dibawah untuk mendownload
http://www.getjar.com/mobile/3481/mig33/


 







eBuddy  klik dibawah untuk mendownload 
http://www.getjar.com/mobile/10717/ebuddy/










Shmessenger  klik dibawah untuk mendownload
http://www.getjar.com/mobile-all-applications/shmessenger/?o=bestmatch










Yamee  klik dibawah untuk mendownload
 http://www.getjar.com/mobile/15494/yamee/

 








Nimbuss klik dibawah untuk mendownload
http://www.getjar.com/mobile/6865/nimbuzz/

Yang memungkinkan di gunakan pada telepon seluler untuk memanfaatkan IM sebagai alat komunikasi mereka. Selain itu, semakin murahnya akses internet yang diberikan oleh penyedia layanan telekomunikasi seluler membuat para pengguna semakin dimanja saja. Penyedia layanan telekomunikasi seluler pun banyak yang telah memberikan fitur kepada para pelanggan mereka untuk dapat ber-IM dengan lebih mudah dan nyaman.

Dukungan lain yang diberikan oleh penyedia layanan telekomunikasi seluler adalah chat yang tidak hanya menggunakan internet, tetapi juga ada yang menggunakan pulsa sebagai pengganti biaya menggunakan jasa IM. Beberapa penyedia layanan telekomunikasi seluler di Indonesia menggandeng sms premium seperti chat n’ date yang juga merupakan aplikasi IM yang dapat dilakukan melalui telepon seluler. Bedanya kalau dengan aplikasi IM kita dibebani biaya internet dengan chat n’ date ini biayanya dipotong langsung dengan pulsa tanpa ada perhitungan biaya penggunaan internet.
Masa depan IM di Indonesia

Masyarakat akan terus dimanja dengan fitur yang terus berkembang dan biaya telekomunikasi yang semakin murah saja. Selain itu, para penyedia IM juga saling berlomba untuk membuat tampilan aplikasi yang semakin mudah digunakan. Maka dengan IM, masyarakat dapat berkomunikasi kapan dan di mana saja dengan biaya murah yang diberikan oleh para penyedia layanan telekomunikasi seluler yang ada di Indonesia. Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk keempat terbesar di dunia tercatat memiliki jumlah pengguna mig33 terbesar dibandingkan negara lain di dunia. Peningkatan penggunaan handphone (ponsel) sebagai alat komunikasi chatting yang semakin berkembang, membuat semakin banyak pula aplikasi messenger yang dibuat, bahkan aplikasi tersebut saat ini dikhususkan untuk penggunaan pada handphone dan saat ini pada beberapa pengguna tidak hanya menggunakan satu client messenger saja, bahkan meng-instal sampai lima client sekaligus agar dapat berkomunikasi dengan komunitasnya.





http://y3pp33.wordpress.com/2008/08/19/instant-messenger-aplikasi-chatting/

http://id.wikipedia.org/wiki/Pesan_instan
http://www.kapanlagi.com/h/gandeng-mig33-indosat-dongkrak-penggunaan-mobile-data.html
http://www.getjar.com/mobile/10717/ebuddy/
http://www.getjar.com/mobile/3481/mig33/
http://www.getjar.com/mobile/6865/nimbuzz/
http://www.getjar.com/mobile/15494/yamee/

9 komentar:

Andi Arsana mengatakan...

thx buat share nya broooo

bubur-sun mengatakan...

ya lumayan buat tambahan informasi,
percuma dong kita punya fasilitas HP yang memiliki teknologi canggih tapi tidak kita manfaatkan....

alit dwitama mengatakan...

jlasin lagi broo..males baca..wakakakak

Adis Satwian mengatakan...

bijimana ini GAn ...?? kapan bangsa kita mau maju klu bgini terus ...
seperti lagu kebangsaan kita : " Ayu MAjuuu,, maju,,Ayu MAjuuuu,, MAju,,,,,
Ayu Majuuu,,, MAjuuuu,,,, "

bubur-sun mengatakan...

OK....
Nanti kita praktek langsung aja......

L3oNk MasTErbiL mengatakan...

saya mau di beliin iphone dunk...
saya g punya HP gan....

Anonim mengatakan...

If you likee an app, you should buy it and support the developer(s).
Neew recurring characters are never introduced and because
of that the show never surprises us. The fans started a "You tapped out" chant, and HHH
mouthed "I'm sorry" several times. " That title is indicative of what Americans seem to desire in their vigilantes.

my website ... The Simpsons Tapped Out Cheats (sksinghchemistryclasses.com)

Anonim mengatakan...

I all the time emailed this website post page to all my contacts, for the reason that if like to
read it afterward my friends will too.

Here is my site: Real Flame Fires Melbourne; Wrestletalk.net,

List of Top MBBS Medical College in India mengatakan...

laptop repair in patna
desktop repair in patna
ac repair in patna
cctv installation in patna
computer repair in patna
biometric installation in patna
printer repair in patna
ac repairing courses in patna
WINDOW AC repairing courses in patna
SPLIT AC repairing courses in patna
CAR AC repairing courses in patna
Plant AC repairing courses in patna
washing machine repairing courses in patna
ro repairing courses in patna
fan repairing courses in patna
led repairing courses in patna
lcd repairing courses in patna
smart tv repairing courses in patna
laptop repairing courses in patna
desktop repairing courses in patna
computer repairing courses in patna
fridge repairing courses in patna
mobile repairing courses in patna
motor repairing courses in patna

Posting Komentar